Eco Kampus ITS: Dilema Kepekaan Mahasiswa ITS terhadap Sampah dan Realitas Implementasi Smart Eco Campus

 

    
Sampah Plastik di Aula Asrama ITS. --Dokumentasi Binti Suryani/LPM Satu Kosong

SURABAYA, LPM SATU KOSONG - Eco Campus ITS merupakan konsep eksklusif (sayangnya utopis) yang mengemuka lingkungan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Eco Kampus mengintregasikan praktik-praktik guna menciptakan kampus yang beroperasi secara efisien dan meminimalisir dampak lingkungan. Salah satu aspek penting untuk mendukung konsep ini adalah kepekaan mahasiswa ITS terhadap sampah dan upaya pengimplementasian Smart Eco Kampus. Namun, dalam praktiknya, terdapat dilema antara kepekaan mahasiswa terhadap sampah dan realitas implementasi konsep Smart Eco Kampus. 

Dokumentasi Binti Suryani/LPM Satu Kosong

Ditinjau dari kepekaan mahasiswa terhadap sampah dan bagaimana hal ini tercermin dari perilaku mereka terhadap sampah. Dapat kita temui mahasiswa ITS yang meninggalkan sampah di asrama dan sembarang tempat seperti tempat duduk, selasar dan tempat lainya.
Dokumentasi Binti Suryani/LPM Satu Kosong

Hal ini menunjukkan minimnya kepekaan individual mahasiswa terhadap sampah. Padahal Mahasiswa seringkali menunjukkan idealisme yang tinggi terhadap isu lingkungan, tetapi tantangan nyata muncul ketika mereka dihadapkan pada kesulitan praktis dalam menerapkan kebiasaan sederhana ramah lingkungan. Hal ini adalah suatu masalah yang perlu diperhatikan dan ditangani. (Binti Suryani)


Reporter: Binti Suryani
Editor: Yuma Iftita Ivanda

Posting Komentar

0 Komentar