[Resensi Buku] Strategi Transformasi Diri dengan Atomic Habits

 



Judul Buku        : Atomic Habits

Penulis              : James Clear

Penerbit            : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit     : 2019

Dimensi            : 15 x 23 cm

Halaman           : 356 hal

ISBN                 : 978-602-06-3318-3 
Orang sering berpikir bahwa mengubah hidup harus dimulai dengan sesuatu yang besar, sementara perubahan kecil seringkali diabaikan karena dampaknya tidak terlihat secara langsung.  

Atomic Habits adalah buku best seller karya James Clear di New York Times. Buku ini mengupas tentang bagaimana perubahan kecil bisa memberikan hasil yang luar biasa. James Clear juga menjelaskan cara-cara mudah untuk membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk. Dalam bukunya, James Clear menjabarkan empat kaidah perubahan untuk membentuk kebiasaan baik, yaitu menjadikannya terlihat, menjadikannya menarik, menjadikannya mudah, dan menjadikannya memuaskan. Sebaliknya, untuk menghilangkan kebiasaan buruk, kaidah-kaidahnya adalah menjadikannya tidak terlihat, menjadikannya tidak menarik, menjadikannya sulit, dan menjadikannya mengecewakan.

Kaidah pertama dalam membentuk kebiasaan baik adalah menjadikannya terlihat. Ini berarti membentuk petunjuk yang memicu seseorang untuk melakukan suatu kegiatan. Petunjuk yang paling umum adalah waktu dan lokasi. Misalnya, seseorang yang ingin membentuk kebiasaan membaca buku dapat menaruh buku di tempat tidur sehingga ia teringat untuk membaca sebelum tidur.

Kaidah kedua adalah menjadikannya menarik. Dalam proses membentuk kebiasaan positif, seseorang perlu membuat kegiatan tersebut menarik. Salah satu caranya adalah dengan bergabung dengan kelompok yang memiliki minat yang sama dan perilaku yang anda inginkan dianggap normal. Hal ini menciptakan gairah, identitas baru, dan dapat memudahkan kebiasaan bertahan dalam jangka panjang.

Kaidah ketiga adalah menjadikannya mudah. Jika kegiatan untuk membentuk kebiasaan baru terasa sulit, seseorang akan cenderung malas melakukannya. James Clear memperkenalkan aturan 2 menit yang menyatakan, “Ketika anda memulai kebiasaan baru, kebiasaan itu harus dapat dilakukan kurang dari 2 menit”. Jika ingin menulis buku, mulailah dengan menulis satu kalimat. Jika ingin berlari 10 kilometer, mulailah dengan menggunakan sepatu. Yang terpenting adalah menguasai kebiasaan dalam memulai sesuatu. Kebiasaan harus terbentuk dahulu sebelum disempurnakan.

Kaidah terakhir adalah menjadikan kebiasaan tersebut memuaskan. Ketika sebuah kebiasaan memberikan rasa puas atau penghargaan, kita akan lebih termotivasi untuk mengulanginya, sehingga kebiasaan tersebut dapat bertahan dalam jangka panjang. Kaidah perubahan perilaku untuk menghilangkan kebiasaan buruk adalah kebalikan dari kaidah perilaku menciptakan kebiasaan baik. Penjelasan lengkap mengenai kaidah-kaidah dan cara lainnya dapat kalian baca di dalam buku Atomic Habits.

Salah satu kutipan menarik dalam buku ini adalah dari Jacob Riis yang menyatakan, 

“Ketika apapun terkesan tak ada gunanya, saya sengaja pergi menyaksikan tukang batu mengayunkan martil ke sebongkah batu cadas, mungkin sampai seratus kali, tanpa menghasilkan satu retakan pun pada cadas itu. Namun, pada hantaman yang keseratus satu kali batu cadas itu terbelah menjadi dua, dan saya tahu bukan hantaman terakhir yang menyebabkannya–melainkan semua hantaman yang dilakukan sebelumnya.” 

Buku ini bermanfaat bagi seseorang yang kesulitan dalam menciptakan kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk. Langkah untuk membangun kebiasaan dijelaskan secara rinci dan dilengkapi dengan banyak kisah inspiratif dari tokoh dan orang-orang yang berhasil mencapai kesuksesan melalui kebiasaan kecil. 

Resensator : Firda Amalia

Posting Komentar

0 Komentar